Selasa, 09 Desember 2014

Perangkat Jaringan Komputer

1.      Server-server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server menyediakan file, printer, dan pelayanan lain untuk client. Komputer yang juga berfungsi sebagai gateaway.
2.      Client
Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server. Komputer client menerima pelayanan dari komputer server.
3.      Kartu jaringan
Disebut juga LAND Card yang dipasang di motherboard yang memungkinkan komputr yang terdapat pada jaringan saling komunikasi.
4.      Hub
Berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card dan juga berfungsi sebagai penguat sinyal.
5.      Kabel dan konektor
Kabel dan konektor adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain. Kabel yang biasa digunakan di jaringan adalah kabel UTP.
6.      Repeater
Repeater bekerja meregenerasi atau memperkuat sinyal-sinyal yang masuk. Pada media fisik seperti pada Ethernet, kualitas transmisi data hanya dapat bertahan dalam range waktu dan jangkauan terbatas, yang selanjutnya mengalami degradasi. Repeater akan berusaha mempertahankan integritas sinyal dan mencegah degradasi sampai paket-paket data sampai ke tujuan.
7.      Bridge
Bridge adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan. Bridge berfungsi untuk menghubungkan sebuah jaringan LAN dengan jaringan lain atau menghubungkan media jaringan yang tidak sama seperti kabel unshielded twisted pair (UTP) dan kabel fiber-optic.
8.      Router
Router adalah suatu media penghubung jaringan ke dunia luar atau sering digunakan sebagai penghubung antar beberapa jaringan yang memiliki ID berbeda. Penggunaan router dipakai dengan alasan selain mudah dalam mengkonfigurasikannya ke dalam jaringan, juga karena komponen komunikasi data ini memiliki kepintaran dalam memilih jalur alternatif yang lebih baik. Apabila terdapat beberapa jalan untuk mencapai tujuan atau bila salah satu jalan yang menuju tempat tujuan terputus (crash) karena sesuatu hal maka ia dapat melanjutkan ke jalur yang lain.
9.     Firewall
Contoh dari Firewall Windows Firewall yang sudah termasuk dalam bundling produk Windows,
Symantec Norton Personal Firewall, Kerio Personal Firewall, Cisco PIX , Cisco ASA , IPTables
dalam sistim operasi GNU/Linux.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;